Menyetrika merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan agar pakaian tetap rapi dan nyaman dipakai sehingga meningkatkan kepercayaan diri pemakainya. Menyetrika pakaian tidak dapat dilakukan sembarangan, khususnya pada pakaian anak karena dapat merusak pakaian. Maka untuk menghindari pakaian yang rusak, bolong, atau gosong, sebaiknya Anda harus berhati-hati dalam menyetrika pakaian khususnya untuk pakaian si kecil. Berikut merupakan beberapa tips untuk menyetrika baju anak dengan benar:

Sesuaikan Panas Setrika Dengan Baju

Sebaiknya Anda menggunakan panas setrika yang sesuai dengan bahan pada pakaian yang akan disetrika. Untuk bahan sintesis seperti poliester, nilon dan akrilik menggunakan suhu rendah, bahan campuran seperti katun, campuran wol dan poliester katun menggunakan suhu sedang, sementara untuk bahan lembut seperti linen dan katun 100% menggunakan suhu tinggi. Jangan lupa untuk membaca petunjuk singkat yang ada pada bagian label pakaian.

Memulai Baju Yang Paling Mudah

Menyetrika pakaian anak sebaiknya dimulai dari yang paling mudah terlebih dahulu, seperti baju bayi, kemudian kaos, dan celana jeans. Hal tersebut dilakukan untuk menghemat tenaga saat menyetrika sehingga pakaian yang disetrika dapat optimal.

Memakai Cairan Pelicin

Untuk memastikan lipatan kain pada pakaian terlihat baik, maka sebaiknya Anda menggunakan cairan pelicin serta pelembut yang umumnya sudah dilengkapi dengan pengharum sebelum menyetrika. Memakai cairan pelicin dapat memudahkan menyetrika pakaian. Namun, sebaiknya jangan menggunakan secara berlebihan ke pakaian, apalagi untuk buah hati Anda, karena mungkin dapat menyebabkan alergi.

Jangan Menyetrika Baju Yang Masih Lembap

Sebaiknya jangan pernah menyetrika pakaian dalam keadaan yang masih lembap apalagi basah. Karena dapat mempercepat proses pelapukan pada bahan pakaian serta dapat menimbulkan bau yang tidak sedap meskipun sudah diberikan cairan pelicin pada saat menyetrika pakaian. Jika Anda kesulitan mendapatkan matahari saat menjemur pakaian, sebaiknya diangin-anginkan di dalam rumah terlebih dahulu.

Jangan Berganti-Ganti Alur

Setrika baju dengan teratur atau membentuk satu alur tertentu saja sehingga dapat menunjukkan kesan rapi dan hasil yang optimal pada kemeja anak Anda.

Membalik Baju

Sebelum memulai menyetrika baju, sebaiknya membalik pakaian yang akan disetrika terlebih dahulu. Agar warna pada bagian luar tidak mudah pudar akibat terkena panas.

Mendiamkan Setrika

Sebaiknya setrika didiamkan terlebih dahulu (dipanaskan) sebelum memulai menyetrika pakaian. Agar panas setrika lebih merata dan hasil setrikaan terlihat lebih rapi.


Demikian beberapa tips yang dapat membantu pekerjaan menyetrika Anda untuk mendapatkan pakaian yang lebih rapi. Semoga bermanfaat



Sumber: https://galeriananda.com


Artikel Pilihan Lainnya


TIPS MEMILIH BAJU SESUAI KARAKTER ANAK

tips / tips fashion / fashion anak

Tips Mengukur Celana Anak Anda

Tips / Mengukur celana

Tips Fashionable dengan Celana Pendek

Tips Fashion / Fashion Anak / Celana Pendek